30 tahun Mizan, lahirkan Generasi Cerdas, Intelek dan Fun

30 tahun Mizan


Bismillah,
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Menginjak kepala tiga, semestinya seseorang tengah menjadi sosok manusia dewasa yang sudah matang. Matang dalam pola pikir, dalam bertindak, dalam bergaul, dalam pengalaman termasuk matang dalam mengelola sebuah keluarga yang nantinya melahirkan generasi-generasi penerus. Lantas kenapa kepala tiga dibahas pula di sini? memangnya ada apa? Saya kira bagi mereka orang-orang pecinta bacaan, sudah barang lazim mengenal satu penerbit ternama "MIZAN". Tentu saja, betapa tidak, penerbit buku-buku berkualitas ini bahkan sudah menancapkan kakinya dalam dunia Literasi selama 30 tahun! Subhanallah sekali bukan? sungguh konsistensi yang mulia.

Bukannya sok beromantisme atau bahkan lebay dan alay, namun pengalaman saya bersama Mizan mengantarkan saya menjadi sosok wanita yang berani berbeda dari yang lainnya. Mungkin bisa dibilang saya baru berkenalan dengan buku-buku dari penerbit ini sekitar 9 tahun yang lalu saat masuk kelas 1 SMP di SMP Terpadu Condong Tasikmalaya. Saat awalnya saya sama sekali buta terhadap buku-buku bacaan lantaran saya berlatar belakang seorang gadis kampung yang norak dan kampungan. Tapi sungguh, saat pertama kali mata ini menatap sebuah gambar di sampul buku, tiba-tiba hasrat untuk membuka dan membaca buku itu pun muncul. Bukunya sangat khas sekali dengan design cover kartun dan conten meremaja yang juga disertai gambar di dalamnya.

"Oh tuhan, aku jatuh cinta pada barang itu, aku pikir saat itu pula duniaku mulai berubah untuk menentukan jalan hidupku kedepannya. Sungguh, aku jatuh cinta pada pertama kali jumpa!"

Hari itu merupakan kali pertama saya berkenalan dengan buku yang mengubah duniaku. Namun karena masih bingung dimana harus membeli, saya hanya bisa meminjam dari teman atau kakak kelas. Lambat laun tipe bacaan saya merambah pada buku non-fiksi. Kembali Mizan membuat saya terhipnotis dengan gebrakannya. Buku-buku how to- bertemakan kehidupan remaja (persahabatan, pergaulan, dsb) saya pilih untuk menemani roda kehidupan yang mulai berjalan. Berlanjut hingga SMA saya mulai rajin menulis dan terus menulis. Buku pun semakin bertambah di rak lemari. Beberapa lomba menulis sempat saya ikuti.

Selepas SMA saya mulai berani mendirikan sebuah komunitas menulis dan merekrut murid-murid dimana tempat saya mengajar. Sudah empat tahun berjalan, komunitas ini semakin menguat dengan konsisten berkarya dari mulai menerbitkan buku secara indie, memproduksi film, dan mengundang penulis-penulis nasional. Selain itu, alhamdulillah saya melaju ke tingkat nasional dan menyabet gelar juara dalam lomba menulis. Juga lagi-lagi dengan referensi yang saya gunakan dari buku-buku Mizan. Begitu pula anak-anak didik saya yang juga semakin semangat berkarya berkat lecutan semangat yang Mizan ciptakan.

Saya dan para penghunus pena di Komunitas Matapena
Salah satu rak buku saya dan suami. Beberapa bukunya terbitan Mizan
Salah satu buku terbitan Mizan

Sekarang, saya sudah menikah dengan suami yang juga pecinta dunia Literasi. Banyak pula koleksi bukunya terbitan Mizan. Bacaan-bacaan saya pun mulai merambah genre serius, dan lagi-lagi Mizan kembali menjadi pilihan. Kami seperti tidak memiliki dua hati. Segalanya serasa sama dan tidak ada pembeda. Saya kira, bahkan sampai nanti kami dikarunia malaikat-malaikat kecil, buku-buku bergizi dari Mizan akan selalu jadi pilihan. Alasan utama, tentu karena segala genre buku lengkap siap sedia. Dari yang lucu menggelitik, sedih haru dan menyayat hati, sampai membuat motivasi tumbuh dan pemikiran bekembang semua ada di Mizan. Terimakasih saya ucapkan, dan saya akui kematangan dan kesuksesan Mizan di tahun ke 30 ini sudah sangat maksimal. Saya doakan semoga terus melaju menuju gerbang kesuksesan serta tidak henti mendidik bangsa dengan goresan tinta dan semangat menjaga intelektualitas setiap insan di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Happy 30th Anniversary for Mizan. ^_^

Alhamdulillah,
Wassalamu'alaikum wr. Wb.


Warm Regards,     
Lena Sa'yati


21 comments:

  1. Alhamdulillah. Makasiiih. Bantu share yaaa :)

    BalasHapus
  2. Benar, taht's so touchy and inspiring :)

    BalasHapus
  3. Wow, amaziiing. Pantes dapat hadiah dari Mizan, hahaha

    BalasHapus
  4. Syukron. Share ke yang lain juga yaaaa :)

    BalasHapus
  5. OK, siippppp :)))))

    BalasHapus
  6. Iya saya doakan. InsyaAllah pantas deh jadi juara :)

    BalasHapus
  7. Amin Allahumma Amin. Terimakasih Greenlicious :)

    BalasHapus
  8. Subhanallah, nice article....

    BalasHapus
  9. Syukran Islamiced :) share yaaa :)

    BalasHapus
  10. wah, menarik yah...

    BalasHapus
  11. Inspiring article, girl :)

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, syukron Blogcemara. Share ya :)

    BalasHapus
  13. Berapa banyak buku Mizan yang kamu punya?

    BalasHapus
  14. Masa musti diitung satu-satu. yang pasti banyak, ada juga yang pinjem sih :)

    BalasHapus
  15. ikutan lomba video nya juga?

    BalasHapus
  16. Minat juga sih.Hasrat sineas nya muncul nih :)

    BalasHapus