#Notes From Qatar

'Si Sakti' 3 P (Positive, Persistence, Pray) 
Lena Sa'yati, Sekolah Tinggi Pesantren Terpadu (STPT) Tasikmalaya
lenasayati@gmail.com


#NFQ
Muhammad Assad
His Profil HERE

                Hari sabtu pagi saya menonton acara di TV One yang mewawancara pengarang buku ini. Di sana Muhammad Assad ( The Author) memaparkan kandungan dan proses terbitnya buku #NFQ ini. Setelah menonton saya langsung ngeh untuk segera membeli buku itu. Tapi kemarin tiba-tiba ada orang yang sangat baik hati memberikan buku ini pada saya, dan buku ini baru saja selesai saya baca. Dan apa tanggapan saya mengenai buku ini?...Wow,..Merinding. Kenapa merinding? Apa ada mahluk halusnya? atau kedinginan?...Ah, bukan itu. Lantas kenapa?...bulu kuduk saya berdiri bahkan pada saat membaca sampulnya saja. Forewordnya ditulis langsung oleh Her Highness Sheikha Mozah bint Nasser Al-Missned (First Lady of Qatar), wah-wah...gimana nggak merinding, coba. Lalu seperti biasa, halaman-halaman awal buku diisi dengan beragam testimoni yang juga berasal dari orang-orang hebat pula, sekaliber Jusuf Kalla, Ary Ginanjar Agustian, Helvi Tiana Rosa, Dr. Salim Segaf Al Jufri (Mentri Sosial RI), sederet artis-artis, dan lain-lain.
                       Melihat orang-orang yang menulis testimoninya, saya yakin pasti sosok penulis satu ini adalah pribadi yang luwes dalam bergaul dan never give up dalam berusaha. Ternyata eh ternyata, benar perkiraan saya, Muhammad Assad memang pribadi yang selalu positive thinking dalam menyikapi sesuatu. Terbukti dari tulisan-tulisannya yang selalu mengobarkan kata-kata positif yang mampu membangkitkan kembali semangat kita. Dan yang paling sakti adalah teori 3 P-nya itu. Positive, Persistence, and Pray.
                      Saat membaca 3 P's Secret for Scholarship Hunter, saya menangis tersedu-sedu. Lho kok?...iya, sayapun tanpa sadar melakukannya, hehe. Mau tahu kenapa? karena sayapun kelak adalah calon dari pemburu beasiswa. Wah-wah, bulu roma saya berdiri sepanjang membaca kata demi kata yang mengalir dalam artikel itu. Saya kembali merasa terpecut untuk membangkitkan impian saya yang ingin sekali bisa bersekolah kebelahan bumi lain dengan bermodalkan beasiswa. Apalagi ketika membaca kalimat " success is when preparation meets the opportunity ". Saya kembali bertanya pada diri ini, sudah sampai mana persiapanmu untuk menemui kesempatan tak terbanding itu? Meski saya barulah berada pada tingkat satu di bangku kuliah, tapi yang namanya persiapan yang matang memang harus sudah ada di genggaman. Jadi teringat nasihat Mahfudzat yang mengatakan " Barangsiapa yang tahu jauhnya perjalanan, maka bersiap-siaplah Ia ". Wuih, jadi semangat belajar lagi deh,..hehe. Dan lagi, saya kagum luar biasa ketika mengetahui bahwa Assad ini lulus S1 dengan menyabet triple awards! salah satunya "Chancellor Award for the best Graduate for the Class of 2009 " (Penghargaan tertinggi di UTP yang diberikan langsung oleh mantan Perdana Mentri Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohammad) Subhanallah,...mantap tap tap tap. Good job, brader, nama Indonesia terangkat tentunya.
                        3 P yang Assad pegang ini sama halnya dengan DUIT. Lho, kok bisa?...maksudnya DUIT ini bukan uang, tapi Do'a, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakkal. Bahwa setiap permasalahan dalam hidup kita ini harus disikapi dengan DUIT itu. Usaha tanpa Do'a ya tak akan barakah, pun Do'a tanpa Usaha ya tidak bisa. So, keduanya harus balance. 
                      Yang menarik dari buku #NFQ ini, bermula dari postingan-postingan Assad di blog pribadinya. Kemudian atas paksaan, hehe maksudnya usulan dari kawan-kawannya untuk dijadikan sebuah buku, maka Assadpun memutuskan untuk mengirimkan tulisan-tulisannya itu ke beberapa penerbit di Negri ini. Ini juga yang menjadi salah satu motivasi saya untuk terus mengisi blog saya tercinta. Dan yang menjadi ciri khas dari seorang Assad, dalam setiap tulisannya Ia selalu membubuhkan nilai moral dan hikmah juga menyelipkan ayat-ayat Al-Quran. Wah-wah,...selain berkualitas secara fisik, pun berkualitas secara spiritual ya. Campur aduk deh perasaan saya selama membaca buku #NFQ ini.
                      Selain artikel 3 P's Secret for Scholarship Hunter, masih banyak artikel-artikel menarik lainnya seperti; Dahsyatnya Sedekah, Dan Bersyukurlah, Ayo Menjadi Enterpreneur!, Ingin Bertato? Baca ini Dulu, Kartini Emansipasi dan Wanita Modern Abad 21, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar #NFQ ini silahkan lihat DI SINI.
                    Ya, setelah membaca buku yang inspiring ini, saya serasa memiliki energi baru untuk memompa semangat saya dalam menjalani hidup. Dan lagi, 3 P akan selalu saya coba implementasikan dalam realita hidup ini. Semoga kelak sayapun bisa menyusul keberhasilan sosok Assad ini, untuk sedikitnya memberikan sumbangsih dalam tatanan perbukuan indonesia yang mudah-mudahan bermanfaat bagi semua kalangan. Amin. 


My Multifunction Room
08.16
2011

0 comments:

Posting Komentar